Bahasa Indonesia | English

 

       
 

Tips Vienta

Vienta Pressure Cooker Menggunakan Stainless Steel Top Grade
Friday, April 8th, 2011

Tips Perawatan Inner Pot Smart Cooker Vienta
Wednesday, March 16th, 2011

Pressure Cooker Vienta Untuk Memasak Rutin, Mengapa Tidak?
Friday, April 8th, 2011

Penandaan CE pada Produk Vienta
Wednesday, May 18th, 2011

Cara Sehat Menghangatkan Nasi dengan Smart Cooker Vienta
Wednesday, May 4th, 2011

Tips Vienta lainnya

Layanan Pelanggan

Klik disini untuk mendapatkan lebih banyak informasi resep resep makanan istimewa dari Vienta

 

 

   

Index > Tips Vienta > Cara Sehat Menghangatkan Nasi dengan Smart Cooker Vienta

Pressure Cooker Vienta Untuk Memasak Rutin, Mengapa Tidak?

April 8th, 2011

Banyak yang menganggap bahwa pressure cooker hanya sesuai untuk membuat ayam tulang lunak atau bandeng presto. Pokoknya yang berkaitan dengan pelunakan tulang/daging. Padahal sebenarnya tidak.

Pressure Cooker Vienta dapat dipakai untuk memasak aneka menu makanan sehari-hari sebagai pengganti panci biasa. Bahkan ada nilai plusnya : memasak lebih cepat serta menjamin nilai gizi tak berkurang jauh akibat proses pemasakan. Lho, kok bisa ya?

Pressure Cooker Vienta memiliki sistem seal karet antara panci dan tutupnya yang amat rapat sehingga uap hasil pemanasan air atau kaldu di dalamnya tak bisa lepas keluar. Kondisi kedap udara ini membuat tekanan di dalam panci naik jauh di atas tekanan panci biasa.

Naiknya tekanan meningkatkan pula temperatur dalam panci. Sebagai pembanding, dengan panci biasa yang tak bertekanan air mendidih pada temperatur 1000C. Namun dengan Pressure Cooker Vienta, temperatur didih air di dalamnya bisa mencapai 1200C. Tekanan dan temperatur uap panas inilah yang mampu mematangkan makanan dengan sangat cepat hingga menjadi hanya 1/3 waktu memasak dengan panci biasa.

Proses pematangan dengan uap panas bertekanan tinggi ini jauh lebih cepat dibanding hanya dengan merebus atau menggoreng makanan. Fakta ini menjadikan pressure cooker sebagai alat masak tercepat yang ada saat ini. Konsumsi LPG atau listrik sebagai sumber panas pun jauh lebih hemat (berkurang hingga sekitar 70%).

Selain menaikkan temperatur, tingginya tekanan memaksa uap panas (termasuk bumbu yang terlarut di dalamnya) meresap ke pori bahan makanan sehingga makanan akan lebih mengembang, lunak, juicy, dan lezat. Vitamin dan zat gizi bahan makanan pun terjaga karena uap yang melarutkan zat-zat gizi tak bisa keluar dari Pressure Cooker Vienta akibat sifat kedap udaranya.

Pressure Cooker Vienta yang memiliki pengatur level tekanan sangat baik dalam mencegah kerusakan vitamin akibat panas. Level rendah baik untuk memasak nasi/sayuran yang bervitamin tinggi karena temperatur maksimumnya hanya sekitar 1000C (sebanding dengan panci biasa) yang relatif tidak merusak vitamin. Level tinggi cocok untuk daging/ikan karena dengan temperatur masak 120-an0C, daging cepat matang dan lebih lunak.

Keamanan memasak pun tak perlu dikhawatirkan. Pressure Cooker Vienta jauh lebih baik dibanding pressure cooker generasi awal (tahun 1940-an). Pressure Cooker Vienta  telah menerapkan sistem pengaman sehingga tutup pressure cooker tak bisa dibuka selama panci masih bertekanan. Jika lubang uap tersumbat, masih ada jendela (safety window) pada penutup pressure cooker yang akan terbuka untuk mencegah panci meledak akibat tekanan berlebih.

Pressure Cooker Vienta telah pula dilengkapi dengan tutup kaca dan steamer yang kian memanjakan pengguna untuk memakainya dalam aktivitas masak harian. Membuat sup daging misalnya. Masak dulu daging dengan tekanan tinggi agar lekas matang, kemudian baru masukkan sayurannya, dan tukar penutupnya dengan tutup kaca seperti halnya panci biasa. Steamer berguna dalam memasak 2 jenis masakan sekaligus untuk lebih menghemat biaya. Misalnya, memasak daging di dalam panci dan kentang pada steamer-nya. Dengan teknologi terbarunya, Pressure Cooker Vienta sungguh merupakan alat masak sehari-hari yang cepat, sehat, aman, dan praktis.


       
 
Copyright © Vienta 2011 | developed by EvolutionTeams.com